LCT Indonesia Dorong Perdagangan Sulut-Tiongkok

LCT Indonesia Dorong Perdagangan Sulut-Tiongkok

Manado: Deputi Gubernur Senior (DGS) Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti mengatakan Local Currency Transaction (LCT) Indonesia mampu meningkatkan perdagangan Sulawesi Utara (Sulut) dan Tiongkok.
 
“Bank Indonesia mengeluarkan kebijakan LCT yang mampu mendukung pengusaha lokal dan bermitra dengan Tiongkok,” kata Destry, dalam North Sulawesi Investment Forum (NSIF) 2023 dikutip dari Antara, Selasa, 8 Agustus 2023.
 
Dia menambahkan Sulut telah membuka penerbangan langsung Manado-Tiongkok. Melalui kerja sama LCT, menurut dia, transaksi perdagangan Indonesia dengan negara mitra bisa dilakukan dengan mata uang lokal masing-masing tanpa perlu konversi lagi ke dolar Amerika Serikat (AS) atau mata uang utama lainnya. Kerja sama ini sudah berjalan dengan empat negara mitra, yakni Malaysia, Thailand, Tiongkok, dan Jepang.

Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Destry mengatakan, transaksi menggunakan mata uang lokal dengan empat negara tersebut memang relatif masih kecil. Namun, ia optimistis karena trennya terus meningkat. BI juga berencana memperluas kerja sama serupa dengan negara lainnya.
 
BI membidik kerja sama dengan Korea Selatan dalam waktu dekat, karena tanda tangan MoU antara bank sentral kedua negara sudah dilakukan awal bulan lalu. BI kemudian akan menjajaki kerja sama dengan Singapura, serta India, dan Arab Saudi.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(SAW)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Wuling Umumkan Pre-Launch Wuling BinguoEV, Ini Beragam Bonusnya - Fintechnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *