Diragukan Bisa Menangkap Harun Masiku, Firli: Ricky Ham dan Izil Azhar Juga Dinilai Gitu

Diragukan Bisa Menangkap Harun Masiku, Firli: Ricky Ham dan Izil Azhar Juga Dinilai Gitu

Jakarta: Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menjawab tudingan buronan sekaligus Caleg PDIP Harun Masiku tidak akan ditangkap pada eranya. Menurutnya, tudingan itu kerap terjadi.
 
Menurut Firli, komentar serupa juga dicetuskan atas pencarian mantan Panglima Gerakan Aceh Merdeka (GAM) Izil Azhar, dan Bupati nonaktif Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak. Namun, keduanya berhasil ditangkap.
 
“Dulu saya masih ingat ada kata-kata, tidak akan mungkin Izil Azhar ditangkap, tapi faktanya bisa kita tangkap. Boleh saya orang mengatakan Ricky Ham Pagawak yang melarikan diri ke PNG juga dikatakan tidak mungkin pimpinan KPK, di bawah pimpinan Firli, bisa menangkap, buktinya bisa kita tangkap,” kata Firli di Gedung Juang KPK, Jakarta Selatan, Senin, 14 Agustus 2023.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Firli ogah memusingkan komentar terkait pencarian Harun. Perburuan dipastikan tidak disetop hingga saat ini.
 
“Jadi kita akan terus bekerja, karena memang kerja kita adalah bekerja, bekerja bukan untuk berkomentar,” ujar Firli.
 
Dia juga menegaskan tidak ada campur tangan politik dalam pencarian dan proses hukum Harun. Dia mencontohkan Gubernur nonaktif Papua Lukas Enembe yang pernah disebut tidak akan pernah ditindak karena sudah berkuasa sejak lama.
 
“Dulu ada yang menyampaikan 10 tahun Gubernur Papua tidak tersentuh hukum, tapi faktanya kita selesaikan dan penegakan hukum di Papua berjalan secara profesional, dan tidak ada kegaduhan,” ucap Firli.
 

 
Sebelumnya, KPK menegaskan Harun Masiku tidak ada di Indonesia. Dia kabur ke luar negeri lewat jalur tikus.
 
“Informasi yang kami terima yang bersangkutan (Harun) itu sudah keluar dari Indonesia tapi tidak melalui jalur resmi sehingga tidak tercatat pada saat keluarnya,” kata pelaksana tugas (Plt) Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Asep Guntur di Gedung Juang KPK, Jakarta Selatan, Jumat, 11 Agustus 2023.
 
Asep mengamini Harun pernah keluar dan masuk ke Indonesia. Namun, informasi yang dibeberkan Mabes Polri itu merupakan data lama yang sempat viral pada 2021.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(END)

Quoted From Many Source

Baca Juga  UU Kesehatan Berikan Proteksi Hukum bagi Dokter dan Tenaga Medis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *