Sambut HUT ke-78 RI, Gita Bahana Nusantara Gelar Konser Kemerdekaan di Museum Fatahillah

Sambut HUT ke-78 RI, Gita Bahana Nusantara Gelar Konser Kemerdekaan di Museum Fatahillah

Jakarta: Untuk pertama kalinya tim orkestra dan paduan suara yang terdiri dari pemuda-pemudi seluruh provinsi se-Indonesia Gita Bahana Nusantara (GBN) tampil terbuka di ruang publik. Merayakan hari jadinya yang ke-20 tahun, sekaligus menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-78, GBN menggelar Konser Kemerdekaan di Plaza Fatahillah, Kota Tua, Jakarta, Sabtu, 12 Agustus 2023.
 
Dengan mengambil tema ‘Menembus Batas’, Konser Kemerdekaan Gita Bahana Nusantara (GBN) 2023 dimulai pukul 19.30-22.00 WIB. 
 
GBN merupakan orkestra dan paduan suara yang dibentuk dan dibina Kemendikburistek untuk mengisi kemeriahan Upacara Kemerdekaan HUT RI di Istana Merdeka. Pemuda-pemudi anggota GBN juga dibina dalam visi misi pemajuan kebudayaan dan berkarakter Pancasila.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Irini Dewi Wanti mengatakan, selain untuk menyambut HUT RI ke-78, konser GBN di ruang publik ini menjadi bukti dekat dengan masyarakat luas.
 
“Kami berharap konser kemerdekaan di ruang publik ini bisa memantik antusias masyarakat, khususnya generasi muda dalam berkompetisi untuk menjadi bagian dari Gita Bahana Nusantara,” ujar Irini.
 

Selain itu, pihaknya juga ingin lebih memperluas jangkauan musik orkestra dan paduan suara bisa dinikmati seluruh kalangan masyarakat, terlebih di area-area publik. Sehingga kesan musik orkestra dan paduan suara yang ekslusif dan tertutup bisa menjadi lebih terbuka lebar. 
 
“Semoga musik orkestra dan paduan suara bisa dicintai semua kalangan masyarakat. Orkestra dan paduan suara merupakan bagian dari seni musik, tanpa sekat. Bukan hanya untuk kalangan dan usia tertentu saja,” pungkas Irini. 
 
Dalam Konser Kemerdekaan 2023 ini, GBN membawakan total 10 lagu. Di antaranya Rayuan Pulau Kelapa, Satria Indonesia, Hari Merdeka, Butet, serta Pemuda, dengan Eunice Tong sebagai konduktor, dan Purwatjaraka sebagai arranger.
 
Selain itu, GBN juga berkolaborasi dengan Novia Bachmid menyanyikan lagu Simfoni Raya, Zamrud Khatulistiwa, dan Cinta Indonesia, serta M Deni Maulana yang membacakan puisi berjudul Aku Indonesia karya Presiden Soekarno.
 
Sebanyak 199 pemuda dari seluruh Indonesia yang tergabung dalam GBN 2023 ini adalah anak-anak muda, pemusik dan vokalis muda terbaik dari seluruh provinsi di Indonesia yang memiliki kemampuan akademis, teknik musikalitas di atas rata-rata, serta kemampuan membaca notasi dengan rentang usia 16-23 tahun.
 
Salah satu anggota tim paduan suara GBN asal SMA Katolik Frateran Santo Gabriel Nunukan, Kalimantan Utara, Batildis De Maria mengaku sangat antusias dan bangga bisa menjadi bagian dari GBN 2023.
 
Hal yang sama juga diungkap Aji Widyadhana Pangestu yang tergabung dalam tim orkestra GBN 2023. Mahasiswa jurusan pendidikan musik Universitas Negeri Jakarta (UNJ) itu berperan sebagai pemain alat tiup etnis. 
 
“Dari UNJ perwakilan kami lolos dua orang. Selain saya, satu lagi juga tim orkestra dengan alat musik gesek betawi atau yang dikenal dengan nama kongahyan. Untuk lolos ke dalam tim GBN 2023 ini kami mengikuti dua kali tahapan seleksi secara online dan offline. Kami bersyukur sekaligus bangga bisa menjadi bagian dari GBN 2023,” ungkap Aji. 
 
Usai konser kemerdekaan di Kota Tua, GBN 2023 ini juga bakal meramaikan perayaan HUT RI ke-78 di Istana Merdeka pada 17 Agustus 2023 mendatang. Mereka terdiri atas 68 orang yang tergabung dalam tim orkestra dan 131 orang dalam tim paduan suara.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(WHS)

Quoted From Many Source

Baca Juga  BSI dan BSI Maslahat Tebar Beasiswa, Ini Syaratnya - Fintechnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *