Jangan Salah, Ini Cara Menulis Ucapan HUT RI yang Benar

Jangan Salah, Ini Cara Menulis Ucapan HUT RI yang Benar

Jakarta: Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI) tinggal menghitung hari. Peringatan tiap tahun ini dapat menjadi momentum mengenang kembali perjuangan bangsa dalam meraih kemerdekaan.
 
Indonesia sebagai satu negara tentu tak merdeka begitu saja. Terdapat rangkaian cerita panjang di baliknya hingga kemerdekaan akhirnya diproklamirkan pada 17 Agustus 1945.
 
Selain masa perjuangan dan pengorbanan melawan penjajah, terdapat banyak cerita lain yang menghiasi sejarah bangsa sebelum merdeka. Salah satunya pembentukan badan hingga rapat-rapat persiapan kemerdekaan Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapula momentum menyerahnya Jepang terhadap sekutu Belanda pada 15 Agustus 1945. Momen tersebut disebut sebagai momentum paling krusial jelang proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
 
Saat itu, terjadi peristiwa Rengasdengklok. Golongan muda yang dipimpin Chaerul Saleh mendesak Soekarno dan Muhammad Hatta melakukan proklamasi kemerdekaan.
 
Hingga akhirnya teks proklamasi disusun pada 16 Agustus 1945. Dan esoknya, teks proklamasi dibacakan oleh Soekarno di kediamannya di Jalan Pengangsaan Timur Nomor 56, Jakarta.
 
Sejak hari itu, setiap tahunnya masyarakat terus merayakan peringatan hari kemerdekaan RI. Ragam kegiatan digelar masyarakat.
 
Spanduk, baliho, hingga poster ucapan HUT RI menghiasi jalanan tiap sudut kota. Namun, kamu perlu tahu penulisan yang tepat dalam mengucapkan peringatan hari kemerdekaan RI.
 
Melansir unggahan Instagram @kemdikbud.ri, saat ini masih banyak masyarakat yang salah menulis HUT RI. Banyak masyarakat menulis “HUT RI ke-78”.
 
“Penulisan itu salah. Penulisan letak angka pada ucapan HUT RI tersebut salah karena dapat memberikan makna bahwa Republik Indonesia ada 78. Jadi, penulisan yang benar adalah HUT ke-78 RI,” jelas akun tersebut.
 
Contoh kesalahan penulisan lainnya yang kerap ditemui adalah Hari Ulang Tahun RI ke-78. Seharusnya, Hari Ulang Tahun ke-78 RI.
 
Penulisan Ulang Tahun Republik Indonesia ke-78 juga salah. Yang benar, Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia.
 
Contoh kesalahan lainnya, Peringatan Hari Ulang Tahun RI ke-78. Penulisan yang benar adalah Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 RI.
 
Nah, itulah penulisan HUT ke-78 RI yang benar. Semoga informasi ini bermanfaat dan tidak salah lagi menulisnya yaa.
 

 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(REN)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Cara Investasi Berkelanjutan Di Dumai 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *