Vysatic, Motor Listrik Inovasi Mahasiswa Polines yang Anti Maling

Vysatic, Motor Listrik Inovasi Mahasiswa Polines yang Anti Maling

Jakarta: Mahasiswa Politeknik Negeri Semarang (Polines) menciptakan Vysatic, kendaraan listrik berbasis vespa hasil modifikasi. Motor listrik ini tak cuma ramah lingkungan tapi juga anti maling.
 
Ayu Novita Anggraeni, salah satu mahasiswa yang terlibat dalam pengembangan Vysatic, mengungkapkan nama Vysatic merupakan kepanjangan dari Vespa Listrik. Inovasi kendaraan listrik ini sudah pernah ditampilkan pada gelaran G20 di Bali.
 
“Saat itu, kami tampil di acara Energy Transition Day di Nusa Dua Bali,” kata Ayu dikutip dari laman Vokasi Kemdikbud dikutip Jumat, 11 Agustus 2023.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Vysatic merupakan motor vespa yang sebelumnya berbahan minyak kemudian dikonversi menjadi berbahan bakar listrik. Motor ini tidak hanya telah beralih menjadi motor listrik yang lebih ramah lingkungan, tetapi juga motor pintar karena dilengkapi dengan aplikasi yang dirancang khusus untuk mendukung kenyamanan dan keamanan penggunaannya.
 
Basis Vysatic adalah vespa tahun 1970-an yang dimodifikasi sehingga dari segi penampilan terlihat klasik, tetapi berteknologi modern. Motor listrik hasil konversi Polines ini menggunakan baterai lithium 72 Volt 20 Ah (milik Gesit). Motor ini mampu menempuh jarak 40—45 km dengan kecepatan maksimal 70 km per jam.
 
“Untuk waktu pengisian baterainya sekitar tiga jam,” beber Ayu.
 
Vespa listrik ini juga dilengkapi dengan aplikasi yang dapat digunakan untuk memantau kondisi baterai. Tidak hanya itu, aplikasi yang dapat diunduh di ponsel pemilik ini juga dilengkapi dengan GPS tracking apps yang mampu melihat rekam jejak pengguna motor.
 
Melalui aplikasi ini, pengguna bisa mematikan kendaraan dari ponsel mereka. Sehingga, saat motor hilang dicuri, bisa dikunci hanya dari aplikasi saja.
 
Vysatic menjadi salah satu dari empat produk inovasi mahasiswa Polines yang ikut ditampilkan meramaikan peresmian Gedung Kuliah Terpadu Polines pada Jumat, 4 Agustus 2023. Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Kiki Yuliati, terlihat begitu tertarik dengan inovasi motor vespa tersebut.
 
Mahasiswa yang juga terlibat dalam pengembangan Vysatic adalah Winar Aziz Ridwansyah, M Dzikri Al Rasyid, Hermansyah, Luthfi Aryananda Atthariq, dan Friendika Alif Arrahman. Mereka merupakan mahasiswa Jurusan Teknik Mesin dan  Jurusan Teknik Elektro, Polines.
 

 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(REN)

Quoted From Many Source

Baca Juga  NEDGRE viral video tiktok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *