Vonis Etik untuk Johanis Tanak Segera Diketok

Vonis Etik untuk Johanis Tanak Segera Diketok

Jakarta: Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johanis Tanak segera menerima vonis. Dewan Pengawas (Dewas) tinggal menggelar satu tahapan persidangan, sebelum pemberian vonis.
 
“Ya (vonis dibacakan bulan ini), waktunya belum tahu,” kata anggota Dewas KPK Syamsuddin Haris melalui keterangan tertulis yang dikutip pada Kamis, 18 Agustus 2023.
 
Syamsuddin mengatakan tahapan sebelum vonis yakni pembelaan dari terperiksa. Johanis nantinya bakal memberikan keterangan yang menjelaskan dirinya tidak bersalah atas dugaan pelanggaran etik yang dituduhkan kepadanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Sidang Senin, tanggal 21 Agustus 2023, agenda pembacaan pembelaan terperiksa (Johanis),” ucap Syamsuddin.

Setelahnya, Dewas KPK bakal menggelar rapat untuk menentukan hukuman yang pantas untuknya. Waktu pastinya belum ditentukan.
 
Sidang etik bermuara pada percakapan Johanis Tanak dengan pejabat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Idris Sihite. Johanis ngotot percakapan itu tak melanggar kode etik.
 
“Saya dianggap melanggar kode etik, tapi saya sendiri merasa tidak melanggar,” kata Johanis melalui keterangan tertulis, Jumat, 21 Juli 2023.
 
Dewas KPK memeriksa dua Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango dan Nurul Ghufron terkait persidangan etik ini pekan lalu. Majelis etik meminta mereka menjelaskan aktivitas pimpinan pada 27 Maret 2023.
 
“Ditanyakan aktivitas kami di tanggal 27 Maret,” kata Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango di Gedung Dewas KPK, Jakarta Selatan, Kamis, 27 Juli 2023.
 
Nawawi menjelaskan saat itu pimpinan melakukan ekspose perkara. Seingatnya, rapat berkaitan dengan penyelidikan dugaan korupsi penyelenggaraan Formula E di Jakarta.
 
Dia menyebut ekspose yang berlangsung bukan dugaan korupsi penyaluran dana tunjangan kinerja di Kementerian ESDM. Tapi, pada hari itu juga ada penggeledahan. 
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(LDS)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Konser JBL Festival Hadir Untuk Pertama Kali di Jakarta - Fintechnesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *