Ulin Yusron Klaim Jokowi tidak Ingin Gibran Lukai Reformasi 1998

Ulin Yusron Klaim Jokowi tidak Ingin Gibran Lukai Reformasi 1998

Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menolak wacana putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka diangkat sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Penolakan ini lantaran Jokowi ingin menjaga warisan pemerintahannya hingga tuntas pada Oktober 2024 mendatang.

“Presiden juga paham dan menyerap aspirasi yang masuk bahwa pencawapresan Mas Gibran akan melukai hasil reformasi 1998 yang baru berusia seperempat abad tentang semangat anti nepotisme. Presiden tidak mau legasi pemerintahannya dirusak oleh wacana pencawapresan putranya,” kata Ulin Yusron di akun instagramnya, Jumat, 4 Agustus 2023.

Ulin merupakan pendukung fanatik Jokowi yang sekarang diganjar sebagai Komisaris di Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) atau PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero).

Ia berkesempatan duduk bersebelahan langsung dengan Jokowi di sela-sela menjajal LRT Jabodebek dari Cibubur ke Dukuh Atas, Kamis 3 Agustus 2023.

Baca juga: Sejam Duduk Sebelahan, Ulin Yusron Yakin Capres Pilihan Jokowi ke Ganjar bukan Prabowo

Dalam waktu sekitar satu jam, Ulin membahas isu politik dengan Jokowi. Ulin mengingat pernyataan Jokowi soal penolakan Gibran sebagai cawapres.

“Saya udah sampaikan gak usah. Kan belum banyak pengalaman. Cari saja yang berpengalaman,” kata Jokowi saat menjawab isu Gibran jadi cawapres yang ditirukan Ulin.

Seperti diketahui, Mahkamah Konstitusi tengah menguji judicial review UU Pemilu terkait batas minimal usia capres dan cawapres. Judicial review ini banyak dicurigai untuk memuluskan langkah pencalonan Gibran sebagai cawapres yang masih berusia 35 tahun.

Sementara usia minimal yang berlaku saat ini, 40 tahun. Gibran sendiri merasa tidak cukup umur dan tidak berpengalaman untuk dijadikan cawapres.

Selain itu sejumlah tokoh politik yang digadang-gadang jadi capres terlihat rajin menemui Gibran. Asumsi dan penafsiran liar muncul meski tidak ada pengakuan eksplisit dari lisan mereka.

Baca Juga  Lahan 4 Hektare di Desa Sukamulya Sukabumi Terbakar, Diduga Disengaja

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

((DHI))

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *