HUT Ke-78 RI, 175.510 Napi Dapat Remisi

HUT Ke-78 RI, 175.510 Napi Dapat Remisi

Jakarta: Sebanyak 175.510 narapidana menerima remisi umum (RU) dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 RI. Sebanyak 2.606 orang diantaranya langsung bebas.
 
“Pemerintah melalui kemenkumham memberikan remisi kepada 175.510 warga binaan pemasyarakatan di seluruh Indonesia, sebagai bentuk penghargaan karena telah mengikuti program pembinaan dengan baik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” kata Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Yasonna Hamonangan Laoly, di Kantor Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Jakarta Selatan, Kamis, 17 Agustus 2023.
 
Rinciannya, narapidana dan anak binaan terkait pidana tertentu yang mendapat remisi sebanyak 89.940 orang. Lalu, narapidana dana anak binaan yang terkait tindak pidana umum sebanyak 85.570 orang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebanyak tiga wilayah tercatat sebagai penerima remisi terbanyak. Pertama, Sumatra Utara dengan jumlah remisi diberikan kepada 19.962 narapidana dan tahanan 32.146 orang.
 
Lalu, Jawa Timur dengan jumlah narapidana sebanyak 17.106 orang dan tahanan 29.402 orang. Kemudian, Jawa Barat dengan jumlah narapidana sebanyak 17.016 orang dan tahanan 24.193 orang.
 

Sementara itu, Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS) Kemenkumham, Reynhard Silitonga, mengatakan remisi tersebut bukan sukarela diberikan pemerintah. Pemotongan masa tahanan itu diberikan sebagai bentuk apresiasi bagi warga binaan yang sudah mengikuti program di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas).
 
“Namun, merupakan sebuah bentuk apresiasi dan penghargaan bagi mereka yang telah bersungguh-sungguh mengikuti program-program pembinaan yang diselenggarakan oleh Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan dengan baik dan terukur,” kata Reynhard.
 
Dia menuturkan saat ini penghuni di Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan mencapai 273.826 orang. Terdiri dari 222.523 narapidana dan 51.202 tahanan.
 
“Ke depannya, diharapkan aturan hukum dan norma-norma yang berlaku di masyarakat dapat terinternalisasi dalam diri Saudara dan menjadi bekal mental dan spiritual dan sosial saat kembali ke masyarakat di kemudian hari,” ucap Reynhard.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(ABK)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Bahaya! Ini Dia 7 Penyakit yang Bisa Timbul Akibat Polusi Udara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *