Brigita Manohara dan Hinca Pandjaitan jadi Wadah Pencucian Uang Ricky Ham Pagawak

Brigita Manohara dan Hinca Pandjaitan jadi Wadah Pencucian Uang Ricky Ham Pagawak

Jakarta: Jaksa penuntut umum (JPU) pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendakwa Bupati nonaktif Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak dengan dugaan pencucian uang. Tudingan itu dibacakan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Makassar pada Rabu, 2 Agustus 2023.
 
“Menempatkan, mentransfer, mengalihkan, membelanjakan, membayarkan, menghibahkan, menitipkan, membawa kabur ke luar negeri, mengubah bentuk, menukarkan dengan mata uang asing atau surat berharga atau perbuatan lain atas harta kekayaan,” kata JPU pada KPK Hendra Eka Saputa dalam dakwaan perkara yang dikutip pada Jumat, 4 Agustus 2023.
 
Nama Presenter TV Brigita Purnawati Manohara tertulis dalam dakwaan pencucian uang Ricky. Rekeningnya diyakini menjadi wadah untuk menyamarkan kekayaan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Mentransfer uang sejumlah Rp380.000.000 ke rekening Bank Mandiri atas nama Brigita Purnawati Manohara,” ucap Hendra.
 

Lalu, pengalihan uang juga dilakukan dengan mentransfer Rp1.575.000.000 ke Christina Fransiska Djasman. Lalu, ada dana sebesar Rp50.000.000 masuk ke rekening Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat Hinca Panjaitan.
 
“(Lalu) membelanjakan atau membayarkan pembelian harta sekitar Rp22.602.871.600, menukarkan dengan mata uang asing senilai Rp501.921.000, dan perbuatan lain atas harta kekayaan yaitu terdakwa Ricky Ham Pagawak memberikan uang Rp1.500.000.000 kepada Reyhan Khalifa untuk sumbangan kepada Partai Demokrat,” ujar Hendra.
 
Dalam dugaan pencucian uang ini, Ricky juga diduga membelikan mobil Honda Jazz seharga Rp300 juta ke Brigita. Kendaraan itu sudah dijual. 
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(AZF)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Akibat Kebakaran, 2 Jalur Pendakian Gunung Rinjani Ditutup

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *